Jumat, 17 November 2017

A.       Pentingnya organisasi dalam dunia bisnis
Organisasi adalah wadah atau tempat dimana orang-orang semuanya berkumpul didalamnya, melakukan kerjasama secara rasional, sistematis, juga terkendali, dengan memanfaatkan sebuah sumber daya yang ada yang dipakai secara efektif untuk menggapai tujuan atau cita-cita bersama.
Dalam perusahaan peran organisasi ini sangat penting. Karena perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi. Dengan adanya organisasi, perusahaan dapat menciptakan bayangan kesuksesan, memudahkan pengembangan SDM, dan mudah memisahkan fungsi delegasi antar setiap bagian pekerjaan, sekalipun rangkap jabatan masih ada setidaknya akan diketahui pada posisi mana kita sedang bekerja.

B.      Beberapa alasan permasalahan organisasi berhubungan dengan perkembangan bisnis :
1.      Perusahaan dapat menciptakan bayangan kesuksesan
2.      Memudahkan pengembangan SDM
3.      Dan adanya organisasi, kita dengan mudah memisahkan fungsi delegasi antar setiap bagian pekerjaan, sekalipun rangkap jabatan masih ada setidaknya akan diketahui pada posisi mana kita sedang bekerja.

C.      Bentuk-bentuk organisasi
1.        Organisasi lini
Organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang berhubungan langsung secara vertikal antara arasan dengan bawahan. Setiap kepala unit mempunyai tanggung jawab untuk melaporkan kepada kepala unit satu tingkat diatasnya. Disebut sebagai organisasi lini (line/command oerganization) jika dalam pembangian tugas serta wewenang terdapat perbedaan yanb nyata antara satuan organisasi pimpinan dengan satuan organisasi pelaksana.
Ciri cirinya :
1)        Jumlah karyawannya sedikit
2)        Selain top manajer, manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
3)        Sarana dan prasarananya terbatas
4)        Hungungan atasan dan bawahan bersifat langsung
5)        Bentu lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
Kebaikan dan keburukan organisasi lini :
1.    Kebaikan :
·       Atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando
·       Rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
·       Proses decision making berjalan cepat
·       Disiplin dan loyalitas tinggi
·       Rasa saling pengertian antar anggota tinggi
2.    Keburukan :
·      Adanya tendensi gaya kepemimpinan otoktaktis
·      Pengembangan kreatifitas karyawan terhambat
·      Tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan dengan tujuan organisasi
·      Karyawan tergantung pada satu orang dalam organisasi
·      Kepitusan diambil oleh satu oarang makan keputusan tersebut sering kurang sempurna serta dibutuhkan pemimpin yang berwibawa dan berpengetahuan luas, yang tidak mudah ditemukan

2.        Organisasi Staf
Suatu bentuk organisasi yang hanya mempunyai hubungan dengan pimpinan tertinggi. Bawahan hanya berfungsi memberikan bantuan untuk kelancaran tugas pimpinan. Didalam praktik, organisasi kantor yang murni menjalankan sistem/bentuk staf tidak ada, karena tidak ada pekerjaan kantor yang seratus persen terdiri atas pekerjaan pikiran saja. Disebut organisasi staf jika dalam organisasi dikembangkan satuan organisasi staf yang berperan sebagai pembantu pimpinan. Bantuan yang diberikan oleh staf tersebut hanya bersifat nasihat saja, sedangkan keputusan dan pelaksanaan dari keputusan tersebut tetap berada ditangan pimpinan. Bentuk ini biasanya sangat cocok bila digabungkan dengan bentuk organisasi lainnnya.
Ciri-cirinya :
1)        Dalam organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana.
2)        Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf berperan sebagai pembantu pimpinan.
3)        Bentuk organoisasi semacam ini muncul karena makin kompleknya masalah-masalah organisasi sehingga pimpinan sudah tidak dapat lagi menyelesaikan semuanya dan memerlukan bantuan orang lain (biasanya para ahli) yang dapat memberikan masukan pemikiran-pemikiran terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
Kebaikan dan keburukan :
1.    Kebaikan :
·      Keputusan dapat lebih baik, karena telah dipikirkan oleh sekelompok kalangan ahli.
2.    Keburukan :
·      Pengambilan keputusan lebih lama dari pada organisasi lini dan karena itu dapat menghambat kelancaran program.

3.        Organisasi Fungsional
Suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
Ciri – cirinya :
1)        Organisasi kecil
2)        Didalamnya terdapat kelompok –kelompok kerja staf ahli
3)        Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
4)        Targer yang hendak dicapai jelas dan pasti
5)        Pengawasan dilakukan secara ketat
Kebaikan dan kekurangan
1.    Kebaikan :
·       Program terarah, jelas, dan tepat
·       Anggraran, personalia, dan saran tepat dan sesuai
·       Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat
2.    Keburukan :
·         Pejabat fungsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi
·         Koordinasi sulit dilaksanakan
·         Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inspeksi sulit dilaksanakan

4.        Organisasi Lini dan Staf
Suatu bentuk organisasi diama pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya diri pucuk pimpinan ke pala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu arah lebih pejabat staf yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misalnya mengenai masalah kearsipan, keuangan, personel dan sebagainya. Pada bentuk organisasi ini eranan staf tidak hanya terbatas pada pemberian nasehat tetapi juga diberikan tanggung jawab melakukan kegiatan tertentu. Bantuan yang diharapkan dari staf tidak berupa pemikiran saja, tetapi juga telah menyangkut pelaksanaannya.
Ciri – cirinya :
1)      Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
2)      Karyawan banyak
3)      Organisasi besar
4)      Ada dua kelompok kerja dalam organisasi yaitu ppersonel lini dan personel staf sehingga ditekankan adanya spesialisasi. Personel lini membuat keputusan yabf menghasilkan sarana bisnis spesifik. Sedangkan personel staf mendukung usaha-usaha dari jabatan lini.
Kebaikan dan keburukan
1.      Kebaikan  :
·         Ada pembagian tugas yang jelas
·         Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
·         Pengmbangan bakat segenap anggota organisasi terjamin, sehingga mendorong disiplin dan tanggungjawab kerja yang tinggi
·         Staffing dilaksanakan sesuai dengan prinsip the rught man on the right place
·         Organisasi ini fleksibel untuk diterapkan
·         Keputusan yang diambil lebih baik karena telah dipikirkan oleh sejumlah orang
·         Tanggungjawab pimpinan berkurang dan karena itu lebih memusatkan perhatian pada masalah yang lebih penting
2.      Keburukan :
·         Tugas pokok orang-orang sering dinomor duakan
·         Proses decision making berliku-liku, lebih lama serta jika staf tidak mengetahui batas-batas wewnang dapat menimbulkan kebingungan
·         Jika pertimbangan tidak terkontrol maka sering menimbukan nepotiism spoil-system patronage
·         Persaingan tidak sehat antara pejabat yang satu dengan pejabat yang lainnya.

5.        Organisasi Fungsional dan Lini
Bentuk organisasi dimana wewnang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tetentu serta sebagaian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
Ciri – cirinya :
1)      Tidak nampak adanya pembedaan tugas pokok  dan bantuan
2)      Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
3)      Pembagian kerja dan pelimpahan wewenag ridak membedakan perbedaan eselon.
Kebaikan dan keburukan
1.      Kebaikan :
·         Solideriras dan disiplin tinggi
·         Produktifitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan secara maksimum
·         Pekerjaan – pekerjaan yang didak rutin atau teknis tidak dikerjakan
2.      Keburukan :
·         Kurang fleksibel dan tour of duty
·         Pejabat fungsional akan mengalami kebingungan karena dikoordinasikam oleh lebih dari satu
·         Spesialisasi memberikan kejenuhan

6.        Organisasi komite
Suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksanakan secara kolektif. Oeganisasi komiter terdiri dari Executive Cimmittee (pimpinan komite), yaitu para anggotanya mempunyai wewenang lini dan staff committe, yaitu oarang yang hanya mempunyai wewenang staf.
Ciri – cirinya :
1)      Adanya dewan dimana anggota bertindak secara kolektif
2)      Adanya hak, wewenang dan tanggung jawab sama dari masing-masing anggota dewan
3)      Asas musyawarah sangat ditonjolkan
4)      Organisasi nya besar dan struktur tidak sederhana
5)      Biasanya bergerak dibidang perbankan, asuransi, dan niaga
Kebaikan dan keburukan :
1.      Kebaikan
·         Pelaksana desicion making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan
·         Kepemimpinan yang bersifat otokratis yang sangat kecil
·         Dengan adanya tour of duty maka pengembangan karier terjamin
2.      Keburukan
·         Proses decision making sangat lambat
·         Biaya operasional rutin sangat tinggi
·         Kalau ada masalah sering kali terjadi penghindraan siapa yang bertanggung jawab
                  


Sumber :
https://mickeybal.wordpress.com/2012/11/25/bentuk-bentuk-organisasi-2/

nitanuraul . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates