Minggu, 12 November 2017

A.        Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar
Orientasi merupakan suatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana perusahaan menyadari bahwa mereka harus dekat dengan pasarnya. Orientasi pasar adalah budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan.
Contoh :
Kopi yang merupakan salah satu komoditas tertua di dunia. Ritual minum telah mebentuk persepsi dan preferensi konsumen tentang kopi. Di Indonesia, kopi umumnya diminum oleh pria atau masyarakat separuh baya. Beberapa dekade lalu kopi adalah minuman yang dipresepsikan murah dan kurang bergensi bagi remaja, pemudi, dan wanita prefesional. Disis lain, perkembangan sosisal menempatkan kafe sebagai tempat yang representatif untuk mengekspresikan gaya hidup. Melalui konsep kafe, Excelso menyajikan kopi dengan gaya Itali kemudian berhasil membentuk citra yang berbeda mengenai ritual minum kopi. Saat ini setiap sore dengan mudah dijumpai remaja, baik peria maupun wanita berkumpul di kafe menikmati kopi sebagai manifestasi gaya hidup modern. Mereka menggugurkan konsep lama mengenai kopi sebagai minuman murah yang lebih tepat untuk pria.

B.        Pentingnya kejujuran dalam berdagang
Kejujuran adalah sikap yang sangat penting untuk diterapkan agar masyarakat dan orang lain bisa percaya dan yakin dengan usaha kita. Usaha yang dilandasi sikap kejujuran akan membawa dampak yang baik bagi usaha itu sendiri. Jujur bukan hanya membawa dampak baik bagi usaha namun menciptakan seseorang untuk mengatakan jujur dengan kondisi yang sebenarnya. Dengan begitu konsumen akan menilai kita jujur dalam berwirausaha. Karena jika kita tidak jujur pelanggan atau konsumen akan meninggalkan produk kita sehingga profit kita akan menurun. Orang yang usahanya ingin maju adalah orang yang selalu optimis dan selalu menerapkan nilai-nilai kejujuran di usahanya. Karena salah satu kinci keberhasilan seorang wirausaha didalam usahnya adalah sifat kejujuran dan kepercayaan dari masyarakat konsumen terhadap dirinya.

C.        Pentingnya CRM (Customer Relationship Management)
CRM atau Customer Relationship Management adalah suatu strategi yang dirancang untuk meningkatkan layanan kepada nasabah, mempelajari lebih lanjut kebutuhan dan sifat pelanggan dalam rangka mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan sehingga perusahaan lebih mengerti akan kebutuhan yang diinginkan, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru dan tentu saja tujuan pada akhirnya adalah mendapatkan keuntungan. CRM diterapkan dengan cara mengumpulkan informasi tentang pelanggan dan melakukan analisa dari informasi yang sudah terkumpul tersebut.
Keuntungan CRM :
1)    Menjaga pelanggan yang sudah ada
2)    Menarik pelanggan baru
3)    Cross Selling : menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
4)    Upgrading : menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card VS silver card)
5)    Identifikasi kebiasaan pelanggan utuk menghindari penipuan
6)    Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu sistem
7)    Respon yang lebih cepat ke pelanggan
8)    Meningkatkan efesiensi karena otomasi proses
9)    Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang



Sumber :

nitanuraul . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates