Tugas 5
A.
Contoh
perusahaan yang menggunakan orientasi pasar
Orientasi merupakan suatu yang penting bagi perusahaan sejalan
dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan
dimana perusahaan menyadari bahwa mereka harus dekat dengan pasarnya. Orientasi pasar adalah budaya bisnis
dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan
nilai unggul bagi pelanggan.
Contoh :
Kopi yang
merupakan salah satu komoditas tertua di dunia. Ritual minum telah mebentuk
persepsi dan preferensi konsumen tentang kopi. Di Indonesia, kopi umumnya
diminum oleh pria atau masyarakat separuh baya. Beberapa dekade lalu kopi
adalah minuman yang dipresepsikan murah dan kurang bergensi bagi remaja,
pemudi, dan wanita prefesional. Disis lain, perkembangan sosisal menempatkan
kafe sebagai tempat yang representatif untuk mengekspresikan gaya hidup.
Melalui konsep kafe, Excelso menyajikan
kopi dengan gaya Itali kemudian berhasil membentuk citra yang berbeda mengenai
ritual minum kopi. Saat ini setiap sore dengan mudah dijumpai remaja, baik
peria maupun wanita berkumpul di kafe menikmati kopi sebagai manifestasi gaya
hidup modern. Mereka menggugurkan konsep lama mengenai kopi sebagai minuman murah
yang lebih tepat untuk pria.
B.
Pentingnya
kejujuran dalam berdagang
Kejujuran adalah sikap yang sangat
penting untuk diterapkan agar masyarakat dan orang lain bisa percaya dan yakin
dengan usaha kita. Usaha yang dilandasi sikap kejujuran akan membawa dampak
yang baik bagi usaha itu sendiri. Jujur bukan hanya membawa dampak baik bagi
usaha namun menciptakan seseorang untuk mengatakan jujur dengan kondisi yang
sebenarnya. Dengan begitu konsumen akan menilai kita jujur dalam berwirausaha.
Karena jika kita tidak jujur pelanggan atau konsumen akan meninggalkan produk
kita sehingga profit kita akan menurun. Orang yang usahanya ingin maju adalah
orang yang selalu optimis dan selalu menerapkan nilai-nilai kejujuran di
usahanya. Karena salah satu kinci keberhasilan seorang wirausaha didalam
usahnya adalah sifat kejujuran dan kepercayaan dari masyarakat konsumen
terhadap dirinya.
C.
Pentingnya
CRM (Customer Relationship Management)
CRM atau Customer Relationship Management
adalah suatu strategi yang dirancang untuk meningkatkan layanan kepada nasabah,
mempelajari lebih lanjut kebutuhan dan sifat pelanggan dalam rangka
mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan sehingga perusahaan
lebih mengerti akan kebutuhan yang diinginkan, meningkatkan kepuasan pelanggan
dan mendapatkan pelanggan baru dan tentu saja tujuan pada akhirnya adalah
mendapatkan keuntungan. CRM diterapkan dengan cara mengumpulkan informasi
tentang pelanggan dan melakukan analisa dari informasi yang sudah terkumpul
tersebut.
Keuntungan CRM :
1)
Menjaga pelanggan yang sudah ada
2)
Menarik pelanggan baru
3)
Cross Selling : menjual produk lain yang mungkin
dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
4)
Upgrading : menawarkan status pelanggan yang
lebih tinggi (gold card VS silver card)
5)
Identifikasi kebiasaan pelanggan utuk
menghindari penipuan
6)
Mengurangi resiko operasional karena data
pelanggan tersimpan dalam satu sistem
7)
Respon yang lebih cepat ke pelanggan
8)
Meningkatkan efesiensi karena otomasi proses
9)
Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan
peluang
Sumber :